Berita

Kepala SKPD Boleh Tentukan "Kabinetnya"

  • Penulis: sidekaadmin, 09-02-2017 9:45
  • Kepala SKPD Boleh Tentukan “Kabinetnya”

    BATULICIN – Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Kab. Tanbu) diberikan keleluasaan untuk menentukan sendiri “Kabinetnya” atau Eselon di bawahnya yang bisa bekerjasama menjalankan tugas SKPD dalam mendukung tercapainya Visi Misi Bupati Tanah Bumbu.

    Demikian disampaikan oleh Bupati Tanbu Mardani H Maming pada saat Rapat Kerja dengan Kepala SKPD dilingkungan Pemkab Tanbu, Jumat (20/1) di Kantor Bupati Tanbu, Batulicin.

    Menurut Bupati, dengan diberikannya kesempatan Kepala SKPD menentukan pejabat dibawahnya memberikan kesempatan pula pejabat dan staf yang potensial untuk diberikan promosi sesuai dengan kinerja yang telah di tentukan.

    Pejabat yang dipilih oleh Kepala SKPD tersebut tentunya harus sesuai dengan aturan yang berlaku.

    Bupati juga mengingatkan agar dalam memilih pejabat dibawahnya, Kepala SKPD harus benar-benar selektif sebab kinerja SKPD akan terus di evaluasi.

    “Diberikannya keleluasaan memilih sendiri pejabat ini di maksudkan untuk meningkatkan pelayanan publik di Tanbu,” ujar Mardani. (Rel/MC.Tanbu)

    Keterangan :
    FOTO : Bupati Tanbu Mardani H Maming (kiri) dan Plt. Sekda Tanbu Ir. Erno Rudi Handoko (kanan) pada saat Rapat Kerja dengan Kepala SKPD, Jumat (20/1).

    Selanjutnya »

    Rakoor LPTQ Tanbu, H.M. Idjra’i :Jangan Sampai Qori-Qoriah Potensial Perkuat Daerah Lain

  • Penulis: sidekaadmin, 09-02-2017 9:44
  • BATULICIN – Lembaga PengembanganTilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Tanah Bumbu (Kab. Tanbu) akan mendatawarganya yang memiliki kemampuan lebih dalam bidang baca tulis Al-Qur’an.


    Pendataan tersebut bertujuanuntuk mencari qori dan qoriah yang nantinya akan di ikutkan pada cabang lombaMusabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ).
    Ketua Harian LPTQ Tanbu, H.M. Idjra’imengatakan Tanbu masih kekurangan qori dan qoriah pada beberapa cabang lomba.


    Melihat dari hasil MTQ TingkatProvinsi Kalimantan Selatan Tahun 2016 di Hulu Sungai Tengah yang lalu, tidaksemua cabang lomba di ikuti oleh Kab. Tanbu di karenakan tidak adanya pesertayang ikut pada cabang lomba tersebut.


    Dari 21 cabang yang di lombakanpada MTQ Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan pada tahun 2016, di ketahui ada 9cabang lomba yang tidak di ikuti oleh Kab. Tanbu karena tidak ada peserta yangdi ikutkan lomba.


     Ã¢â‚¬Å“Diharapkan melalui pendataan ditemukan qoridan qoriah yang potensial untuk di ikutkan pada MTQ selanjutnya,” ujar Idjra’Ipada saat membuka Rapat Koordinasi Pembinaan Pengembangan Tilawatil Qur’anTahun 2017, Kamis (19/1) di Kantor Bupati Tanbu.


    Disisi lain, langkah pendataantersebut dilakukan agar mencegah jangan sampai qori-qoriah dari Tanbumemperkuat daerah lain.
    “Sangat disayangkan jika adaqori-qoriah kita tidak memperkuat daerah asalnya, tapi memperkuat daerah lain,”kata Idjra’i. (Rel/MC.Tanbu)

    Selanjutnya »

    Peran Media Sosial Mewujudkan Pemerintahan Yang Baik

  • Penulis: sidekaadmin, 09-02-2017 9:37
  • BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) sangat terbantu dengan adanya media sosial.

    Salah satu dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kab. Tanbu yang terbantu dengan peran media sosial tersebut yaitu Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Tanbu.

    Dengan adanya media sosial tersebut dapat membantu kinerja Dinas dalam melaksanakan program pembangunan. Baik itu promosi pembangunan maupun kritik sosial yang membangun dari masyarakat.

    Belum lama tadi, Dinas PUPR mendapatkan masukan dari nitizen media sosial terkait rehab jembatan di Desa Bakarangan Kecamatan Kusan Hulu.

    Dinas PUPR pun menjelaskan pembangunan rehab jembatan merupakan program dari Dinas PUPR untuk mempermudah akses transportasi masyarakat di perdesaan.

    “Terimakasih atas masukanya, demi kelancaran pembangunan di Tanbu. Terkait dugaan hilangnya elemen jembatan kami meminta maaf atas terjadinya miskomunikasi tersebut,” Kata Kepala Dinas PUPR Tanbu, Roy Rizali Anwar.

    Sebelumnya, di duga sebagian elemen pipa pagar jembatan Desa Bakarangan di Kecamatan Kusan Hulu hilang di curi. Namun dari hasil peninjauan dilapangan oleh Polsek Kusan Hulu dan Pemerintah Kecamatan Kusan Hulu tidak ada pipa jembatan yang hilang.

    Yang ada pipa pagar jembatan tak terpasang oleh kontraktor karena memang tidak ada di RAB. (Rel)

    Selanjutnya »

    PKK – Dinas Ketahanan Pangan Jalin Kerjasama Peningkatan Gizi Keluarga

  • Penulis: sidekaadmin, 09-02-2017 9:36
  • BATULICIN – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Tanah Bumbu (Kab. Tanbu) menjalin kerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan Kab. Tanbu di bidang Ketahanan Pangan.

    Penandatanganan MoU kerjasama tentang Peningkatan Ketahanan Pangan dan Gizi Keluarga tersebut dilakukan di Banjarmasin pada tanggal 19 Januari 2017 oleh Wakil Ketua TP PKK Tanbu Hj. Sadariah Sudian Noor dan plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tanbu H. Akhmad Fauzi.

    “Penandatanganan MoU kerjasama di bidang Ketahanan Pangan ini serempak dilaksanakan oleh TP PKK Kabupaten/Kota se-Kalsel,” Kata plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tanbu H. Akhmad Fauzi, Selasa (24/1/2017) di Batulicin.

    Melalui kerjasama tersebut diharapkan dapat mewujudkan ketahanan pangan dan gizi keluarga guna menghasilkan sumberdaya manusia yang sehat, aktif, dan produktif.

    “Kerjasama berlaku selama 3 Tahun,” kata Fauzi.

    Adapun bentuk kerjasama di bidang ketahanan pangan antara PKK dengan Dinas Ketahanan Pangan yaitu peningkatan konsumsi pangan Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA), pemanfaatan pekarangan dengan mewujudkan Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman (HATINYA) PKK, Pengembangan Pakan Lokal, melakukan promosi kampanye dan sosialisasi dalam rangka penyadaran peningkatan peran serta masyarakat dalam rangka penganekaragamanpangan, serta pendidikan dan penyuluhan konsumsi pangan B2SA.

    Kemudian, memfasilitasi kelompok/masyarakat dalam rangka mendukung optimalisasi pmanfaatan pekarangan dan pengembangan pangan lokal.

    Sementara itu, Bupati Mardani H Maming, mendukung dengan adanya kerjasama peningkatan ketahanan pangan dan gizi keluarga yang dilakukan oleh TP PKK Tanbu.

    Menurutnya, dengan kerjasama tersebut diharapkan dapat meningkatkan percepatan penganekaragaman pangan dalam rangka mewujudkan sumberdaya keluarga yang berkualitas di Provinsi Kalimantan Selatan. (Rel/Diskominfo)

    Selanjutnya »